English Study Program Of STAIN
this site the web

Profil Tadris Bahasa Inggris STAIN Curup

PROFIL TADRIS BAHASA INGGRIS
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
CURUP

1. Pendahuluan

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup adalah merupakan salah satu Sekolah Tinggi yang memiliki peran penting dalan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia secara global, dan kualitas pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong propinsi Bengkulu secara khusus. Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat menciptakan sarjana yang berkualitas tidak hanya dibidang imtek tetapi juga dibidang imtaq, sehingga ada kesinambungan antara pengetahuan keahlian dan pengtahuan agama. Hal ini akan mempengaruhi profesionalisme diri bagi para lulusan.

Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 11 tahun 1997, bahwa pendidikan akan mewujudkan peserta didik dan lulusan yang memiliki iman dan taqwa kepada Allah s.w.t berakhlak mulia serta memiliki akidah yang mantap, pengetahuan yang luas dibidang ilmu keahlian dan agama. STAIN Curup, sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, tentu akan selalu berupaya mewujudkan perguruan tinggi ini setara dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari misi dan visi STAIN Curup sebagai dasar operasional sehingga akan menjadi perguruan tinggi yang maju dan mapan di masa mendatang.

Program studi Bahasa Inggris merupakan salah satu program studi yang ada di STAIN Curup yang akan menciptakan sarjana yang tidak hanya memiliki keahlian dibidang bahasa Inggris tetapi juga dibidang agama Islam, sehingga lulusan dari program studi ini memiliki nilai plus dan dapat bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi dan Universitas lain. Prodi Tadris Bahasa Inggris secara kritis, sistematis dan responsive serta merumuskan strategi dalam mengikuti perkembangan dan pembaharuan didunia pendidikan, tentu saja akan sangat memahami kebutuhan dan tuntutan masyarakat sebagai pengguna lulusan.

Prodi Tadris Bahasa Inggris adalah Program Studi di bawah Jurusan Tarbiyah yang memiliki izin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor: DJ.II/224/2003, tentang Izin Penyelenggara Program Tadris Bahasa Inggris Program Sarjana (S-1) PADA Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup. Adapun tujuan Program Studi Bahasa Inggris ini akan mempersiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dibidang kebahasaan sehingga mampu menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan pasif dan dapat mencerminkan potensi kecakapan yang memadai.

2. Visi Dan Misi Prodi Tadris Bahasa Inggris

a. Visi

Mewujudkan Prodi Tadris Bahasa Inggris yang memiliki karakteristik kritis, idealis, kreatif, inovastif dan adaptif dengan melihat perkembangan pada ilmu kebahasaan dan perkembangan dunia pendidikan, sehingga mampu prodi Tadris Bahasa Inggris STAIN Curup menjadi program studi yang mampu mempersiapkan sarjana yang memiliki kemampuan akademik yang profesional serta memiliki keluhuran akhlak sebagai Sarjana Pendidikan Modern dimasa datang.

b. Misi

1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran yang profesional sehingga menciptakan lulusan yang memiliki potensi yang sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi (kurikulum 2004).
2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan didasari oleh nilai-nilai keislaman sehingga dapat mempersiapkan sarjana yang memiliki keluhuran akhlak, kecakapan dan keluasan ilmu serta kematangan dibidang ilmu keahlianya akan membentuk sarjana modern yang profesiaonal.
3. Melakukan pengabdian pasa masyarakat dengan mampu memecahkan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan nya secara akademis dan agamis serta dapat mengembangkan ilmu bahasa Inggris Islam profesional.
4. Dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran selalu menjaga nilai-nilai religius dan profesional-akademik sehingga membentuk sarjana yang mampu menggabungkan dua sinergis yang akan mendasari sarjana STAIN Curup menjadi sarjana yang profesional
5. Menghasilkan sarjana yang mampu secara profesional dan dapat menggunakan ilmu bahasa Inggris Islam terhadap perkembangan era globalisasi dimasa akan datang.
3. Kurikulum Program Studi Bahasa Inggris (Program S-1)
Kurikulum Prodi Bahasa Inggris adalah integrasi dari ilmu kebahasaan dan ilmu Keislaman. Dalam penyusunan nya didasari oleh perkembangan dunia pendidikan yang akan berpengaruh terhadap perkembangan kurikulum di Program Studi, yang tentu akan menjawab dari kebutuhan masyarakat modern pada dewasa ini. Kurikulum Program Studi Bhasa Inggris terdiri dari kelompok mata kuliah untuk pengembangan kompetensi dasar, kompetensi utama dan kompetensi tambahan.

Adapun penjabaran nya tergambar pada kurikulum Program Studi Bahasa Inggris sebagai berikut:

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK)
PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS


1. Nama Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
2. Jurusan : Tarbiyah
3. PTAIN : STAIN Curup
4. Profesi Lulusan
A. Utama : Guru Pendidikan Bahasa Inggris Pada Jenjang Pendidikan Dasar
Dan Menengah
B. Tambahan : Tenaga Penerjemah

5. Kompetensi Yang Dibutuhkan Untuk Berhasil Dalam Menjalankan Profesi Tersebut:

A. Profesi Utama

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Memiliki Kecerdasan intelektual , Kecerdasan emosional dan kecersdasan spiritual yang memadai. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan (kompetensi) akademik dan professional dalam bidang Ilmu Agama Islam beserta penerapan nya di dalam masyarakat. Mahasiswa dituntut untuk menguasai wawasan pendidikan yang komprehensif dan menguasai substansi ilmu-ilmu Bahasa Inggris dan metodologi pembelajaran nya. Memiliki pengetahuan tentang Islam secara komprehensif. wawtasan ilmu kependidikan dan kebahasaan. Menguasai substansi ilmu-ilmu Bahasa Inggris dan metodologi pengajaran nya. Memiliki integritas kepribadian, baik agama, moral, etika, profesionalisme dan dapat berpenampilan sesuai dengan profesinya. Memiliki keterampilan berbahasa (Indonesia, Inggris dan Arab).
Memiliki keterampilan dalam berfikir dan mengelola informasi.
Memilki keterampilan dan tanggung jawab profesi.

B. Profesi Tambahan

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Memiliki wawasan pemahaman yang luas tentang tekhnik dan prinsip penerjemahan. Memiliki dan menyukai wawasan san pemahaman tentang tehnik-tehnik san prinsip-prinsip penerjemahan. Memiliki integritas kepribadian baik agama, moral, etika social dan juga etika penerjemahan. Memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan tehnik-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahan kebahasaan

6. Kompetensi Lulusan

A. Profesi Utama

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Penguasan keilmuan berkenaan dengan ilmu pendidikan secara umum, ilmu Pendidikan Bahasa Inggris dan ilmu Keislaman. a. Memiliki pengetahuan umum sebagaimana lulusan perguruan tinggi di Indonesia terutama Perguruan Tinggi Agama Islam.
b. Memahami secara komprehensif wawasan ilmu pendidikan.
c. Menguasai subtansi ilmu-ilmu Bahasa Inggris dan metodologi pembelajaran nya. a. Bersikap sebagai sarjana Pendidikan Islam yang senantiasa mengenal dan menghayati nilai-nilai Keislaman.
b. Bersikap sebagai seorang pendidik yang dapat mentransfer wawasan dan ilmu pendidikan dengan baik
c. Bersikap sebagai seorang pendidik yang dapat mentransfer wawasan ilmu pendidikan bahasa Inggris dengan baik. a. Memilki keterampilan dalam mengaplikasikan nilai-nilai Keislaman dalam kehidupan sosial.
b. Memiliki keterampilan dalam mentransfer ilmu pendidikan.
c. Memiliki keterampilan sebagai seorang pendidik dan dapat mentransfer ilmu bahasa Inggris.

B. Profesi Tambahan

KOMPETENSI KOMPONEN
Pengetahuan Sikap Keterampilan
Penguasaan keilmuan berkenaan dengan tehnik-tehnik dan prinsip menerjemah. a. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar penerjemahan
b. Memiliki pengetahuan tentang tehnik dan prinsip penerjemahan. a. Bersikap sebagai sarjana pendidikan Islam yang senantiasa menghayati nilai-nilai Keislaman
b. Bersikap sebagai seorang penerjemah yang beretika dan bermoral baik. Memiliki keterampilan dalam menerjemahkan secara professional sesuai dengan etika dan moral yang baik.

7. Kompetensi Yang Diajarkan Dlama PRODI Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah:

A. Kompetensi Dasar

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Penguasaan keilmuan berkenaan dengan masalah ilmu kebahasaan, pendidikan san keagamaan (Keislaman) a. Memiliki pengetahuan tentang Ilmu kebahasaan
b. Memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu pendidikan
c. Memiliki pengetahuan tentang ilmu Keislaman a. Bersikap sebagai seorang guru bahasa Inggris yang berwawasan luas.
b. Bersikap sebagai seorang pendidik yang profesional
c. Bersikap sebagai sarjana pendidikan Islam yang senantiasa mengenal san menghayati nilai-nilai Keislaman. Memiliki keterampilan kebahasaan dan melaksanakan tugas-tugas kependidikan disertai dengan Ilmu Keislaman secara profesional

B. Profesi Utama

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Penguasaan keilmuan berkenaan dengan subtansi kebahasaan dan metodologi pembelajaran bahasa Inggris a. Memiliki pengetahuan berkenaan dengan subtansi ilmu kebahasaan
b. Memiliki pengetahuan tentang metodologi pembelajaran bahasa Inggris a. Memiliki sikap sebagai seorang guru bahasa Inggris yang berpengetahuan terhadap subtansi ilmu kebahasaan.
b. Memiliki sikap sebagai seorang guru bahasa Inggris yang menguasai metodologi pembelajaran bahasa Inggris Memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan subtansi ilmu kebahasaan dan menguasai ilmu tentang metodologi pengajaran bahasa Inggris.

C. Profesi Utama

KOMPETENSI KOMPONEN

Pengetahuan Sikap Keterampilan
Penguasaan keilmuan berkenaan dengan tehnik-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahan. a. Memiliki pengetahuan tentang Ilmu tehnil-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahan. a. Bersikap sebagai sarjana pendidikan Islam yang senantiasa mengenal dan menghayati nilai-nilai Keislaman.
b. Bersikap sebagai seorang penerjemah yang menguasai tehnik-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahan. Memiliki keterampilan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang penerjemah yang profesional sesuai dengan keilmuan dank ode etik.

8. Indikator Dan Standar Dasar Penguasaan Kompetensi

A. Kompetensi Dasar
Komponen/Kompetensi Indikator/Standar
Pengetahuan a. Pengetahuan secara umum tentang ilmu kebahasaan
b. Pengetahuan tentang dasar-dasar pendidikan
c. Pengetahuan tentang ilmu Keislaman
Sikap a. Bersikap sebagai sarjana pendidikan Islam yang senantiasa mengenal menghayati nilai-nilai Keislaman.
b. Bersikap sebagai seorang pendidik yang memiliki professional
Keterampilan Memiliki keterampilan untuk menyelenggarakan tugas-tugas ilmu pendidikan bahasa Inggris dan Ilmu Keislaman
Kompetensi Sebagai Perpaduan Komponen Menguasai tentang Ilmu Kependidikan, ilmu kebahasaan dan Keislaman serta diaplikasikan dalam lingkungan profesi dan kehidupan sehari-hari.

B. Profesi Utama

Komponen/Kompetensi Indikator/Standar
Pengetahuan Pengetahuan tentang subtansi ilmu bahasa dan metodologi pengajaran bahasa Inggris
Sikap Bersikap sebagai seorang pendidik yang professional dengan menguasai subtansi bahasa dan metodologi pembelajaran bahasa Inggris
Keterampilan Memiliki keterampilan menyelenggarakan tugas-tugas profesi secara profesional
Kompetensi Sebagai Perpaduan Komponen Menguasai subtansi ilmu kebahasaan dan metodologi pengajaran bahasa Inggris dan mengimplementasikan dalam proses belajar mengajar serta dapat memberikan variasi-variasi pengejaran bahasa Inggris

C. Profesi Tambahan

Komponen/Kompetensi Indikator/Standar
Pengetahuan a. Pengetahuan tentang tehnik-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahan
b. Pengetahuan tentang ilmu Keislaman
Sikap Bersikap sebagai seorang penerjemah yang professional sesuai dengan keilmuan dank ode etik
Keterampilan Mampu melaksanakan tugas profesi sebagai penerjemah yang professional sesuai dengan keilmuan dan kode etik
Kompetensi Sebagai Perpaduan Komponen Penguasaan tentang tehnik-tehnik dan prinsip-prinsip penerjemahanserta diimplementasikan ke dalam dunia profesi

9. Pendekatan/Strategi Pembelajaran Kompetensi

Komponen/Kompetensi Indikator/Standar
Pengetahuan 1. Mahasiswa diasuh oleh dosen-dosen yang berkualifikasi sesuai dengan bidang ilmu keahlian bahasa Inggris. Baik dosen tetap maupun dosen luar biasa
2. Sistem perkuliahan dilakukan dengan Active Learning Strategy
3. Mahasiswa diwajibkan untuk memiliki buku-buku referensi dan memahami buku ajar
4. Mengadakan berbagai seminar Bahasa Inggris sebagai wahana latihan dan menggali sumber ilmu tentang kebahasaan
5. Untuk mata kuliah tertentu diasuh oleh tim dosen

Sikap 1. Memiliki kesadaran dan keahlian akan pentingnya bersikap professional selaku pendidikan dalam bidang ilmu bahasa Inggris
2. Mahasiswa memiliki keingintahuan untuk meneliti baik di lapangan maupun kajian perpustakaan tentang bidang profesi dan keilmuan
3. Mahasiswa memiliki sikap jujur dan disiplin dalam mengembangkan bidang keahlian dan profesi selaku pendidik sebagai pengaplikasian norma-norma Keislaman.

Keterampilan 1. Perpaduan mata kuliah adalah teori, praktek dan lapangan
2. Mahasiswa setelah mendapatkan teori pengajaran dan micro teaching kemudian diaplikasikan ke sekolah sebagai guru praktekan untuk meningkatkan profesionalisme sebagai calon guru bahasa inggris dan mengidentifikasi masalah-masalah atau studi kasus di lapangan sebagai bahan pelaporan.

10. Mata Kuliah Yang Diberikan

A. Kompetensi Dasar

NO Mata Kuliah Kompetensi Bobot SKS
1 Pancasila Pengetahuan Dan Sikap 2
2 IAD/IBD/ISD Pengetahuan Dan Sikap 3
3 Metodologi Studi Islam Pengetahuan Dan Sikap 3
4 Bahasa Arab (I,II,III,IV) Keterampilan 8
5 Bahasa Indonesia Pengetahuan Dan Sikap 2
6 Civic Education Pengetahuan Dan Sikap 2
7 Ulumul Quran Pengetahuan Dan Sikap 3
8 Tasawuf Pengetahuan Dan Sikap 3
9 Ilmu Pendidikan Pengetahuan Dan Sikap 2
10 Ulumul Hadist Pengetahuan Dan Sikap 3
11 Ushul Fiqh Pengetahuan Dan Sikap 3
12 Hadits Pengetahuan Dan Sikap 3
13 Fiqh Pengetahuan Dan Sikap 3
14 Tafsir Pengetahuan Dan Sikap 3
15 Ilmu Kalam Pengetahuan Dan Sikap 3
16 Psikologi Pendidikan Pengetahuan Dan Sikap 3
17 Manajemen Pendidikan Pengetahuan Dan Sikap 2
18 Pemikiran Modern Dalam Islam Pengetahuan Dan Sikap 2
19 Filsafat Pendidikan Pengetahuan Dan Sikap 3
20 Statistik Pendidikan Keterampilan 2
21 Kuliah Pengabdian Masyarakat Keterampilan 4
Jumlah 61

B. Profesi Utama

NO Mata Kuliah Kompetensi Bobot SKS
  1. Speaking I Keterampilan 2
  2. Structure I Pengetahuan dan Keterampilan 2
  3. Listening I Keterampilan 2
  4. Reading I Pengetahuan dan Keterampilan 2
  5. Pronounciation Practice Pengetahuan dan Keterampilan 2
  6. Speaking II Keterampilan 2
  7. Structure II Pengetahuan dan Keterampilan 2
  8. Listening II Keterampilan 2
  9. Reading II Pengetahuan dan Keterampilan 2
  10. Writing I Pengetahuan dan Keterampilan 2
  11. Introduction to Linguistic Pengetahuan dan Sikap 2
  12. Speaking III Keterampilan 2
  13. Structure III Pengetahuan dan Keterampilan 2
  14. Listening III Pengetahuan dan Keterampilan 2
  15. Reading III Pengetahuan dan Keterampilan 2
  16. Writing II Pengetahuan dan Keterampilan 2
  17. Speaking IV Keterampilan 2
  18. Structure IV Pengetahuan dan Keterampilan 2
  19. Listening IV Keterampilan 2
  20. Reading IV Pengetahuan dan Keterampilan 2
  21. Writing III Pengetahuan dan Keterampilan 2
  22. Morphology/Phonology Pengetahuan dan Sikap 2
  23. Curriculum and Material Development Pengetahuan dan Keterampilan 2
  24. Language Testing Pengetahuan dan Sikap 2
  25. Writing IV Pengetahuan dan Keterampilan 2
  26. Teaching English as Foreign Language Pengetahuan dan Sikap 2
  27. Cross Culture Understanding Pengetahuan dan Sikap 2
  28. Education Research Methodology Pengetahuan dan Keterampilan 2
  29. Instructional Planning Keterampilan 2
  30. Micro Teaching Pengetahuan dan Keterampilan 2
  31. Language Research Pengetahuan dan Keterampilan 2
  32. Syntax Pengetahuan dan Keterampilan 2
  33. Praktek Ibadah Masyarakat Keterampilan 2
  34. Aplikasi Komputer dan Internet Keterampilan 2
  35. English For Specific Purpose Keterampilan 2
  36. PPL Pengetahuan dan Keterampilan 4
  37. Skripsi Keterampilan 6
  • Jumlah 86
C. Profesi Tambahan

NO Mata Kuliah Kompetensi Bobot SKS
1 Translation I (Eng-Indo) Pengetahuan dan Keterampilan 2
2 Transalation II (Indo-Eng) Pengetahuan dan Keterampilan 2
Jumlah 4

11. Program Kegiatan Yang Telah Dilaksanakan Pada 2007

Pada tahun 2007 program kegiatan yang dilaksanakan masih bersifat rutinitas belum pada tingat kegiatan yang memiliki cakupan yang lebih luas. Adapun rincian kegiatan sebagai berikut:
  1. Perubahan Kurikulum Berbasis Kompetensi
  2. Sosialisasi Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP)
  3. Seleksi proposal penelitian mahasiswa
  4. Menyelenggarakan seminar proposal reguler mahasiswa
  5. Pembinaan kegiatan mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris:
  • pelatihan toefl
  • kegiatan majalah dinding
  • bulletin prodi
  • d. rutinitas kegiatan Kosma PBI
6. Pembenahan Agihan Perkuliahan untuk semua angkatan tahun Akademik
7. pembenahan sistem administrasi Prodi.
8. Penyusunan silabus perkuliahan PBI untuk kemudian dibakukan.
9. Merekrut tenaga dosen honorer.
12. Rencana Program Masa Datang 2008

A. Program Jangka Pendek
  1. Seleksi Penelitian Mahasiswa
  2. Melaksanakan seminar proposal
  3. Pembinaan kegiatan mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris
  4. Pembuatan jadwal perkuliahan
  5. Pembenahan profil Prodi
  6. Pembenahan rumpun keilmuan dosen
  7. Penyusunan dosen PA bagi mahasiswa baru
  8. Study tour Prodi
B. Program Jangka Panjang
  1. Seleksi Penelitian terbaik mahasiswa
  2. Mengundang dosen tamu “Native Speaker” untuk minimal I semester
  3. Pematenan silabus Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris untuk dibakukan.
  4. pelatihan TOEFL secara regular sebagai standard kelulusan secara umum
  5. Test TOEFL level International kerjasama dengan ITP Jakarta
  6. Membangun kerjasama beasiswa untuk alumni dengan Pemda Rejang Lebong.
  7. Membangun kerjasama regular “pertukaran mahasiswa” ke luar negeri. (sudah berhasil 1 orang)
  8. Mengupayakan pertukaran dosen sebagai pelatihan.

13. Tenaga Pengajar (Dosen)

Tenaga pengajar yang ada sementara ini masih perlu adanya penambahan dilihat dari jumlah mahasiswa yang semakin menunjukan peningkatan yang signifikan. Tenaga pengajar (dosen) yang berkualitas tentu saja akan sangat menentukan pada hasil input dari proses belajar dan mengajar.

Adapun daftar nama tenaga edukatif Program Studi Bahasa Inggris sebagai berikut:
No Nama Pendidikan Terakhir Status Specification
1 Drs. A Dibul Amda, M. Ag S1 IAIN Imam Bonjol Sumbar
S.2 Ar-Raniri Banda Aceh Permanent/
non English English for Islamic Studies
2 Ihsan Nul Hakim, MA S1 UNJ
S.2 Belanda Permanent/
non English 1. English for Islamic Studies
2. Translation I (English into Indonesian)
3. Translation I (English into Indonesian)

3 Iwan Kurniawan,
M. Pd. S1 FKIP Bahasa Inggris UNIB
S.2 Pend. Bahasa Indonesia UPI Bandung Permanent/
English 1. English Syntax
2. Writing I, 2, 3, and 4
3. Introduction to English Linguistics
4. Introduction to English Literature
4 Hadi Suhermanto,
M. Pd. S1 IKIP Bahasa Inggris Universitas Muhamadiyah Malang
S.2 Pend. Bahasa Inggris UNP Padang Permanent/
English 1. Listening I, 2, 3, and 4
2. Reading I, 2, 3, and 4

5 Jumatul Hidayah,
M. Pd S1 FKIP Bahasa Inggris UNIB
S.2 Pend. Bahasa Inggris UNP Padang Permanent/
English 1. TEFL
2. Course Design
3. Instructional Planning
6 Bayu Senjahari,
M. Pd. S1 FKIP Bahasa Inggris UNIB
S.2 Pend. Bahasa Inggris UNP Padang
S2 Australia (sedang pendidikan) Permanent/
English 1. English Pronunciation
2. Language Learner Strategies
7 Leffi Noviyenty,
M. Pd S1 FKIP Bahasa Inggris UNIB
S.2 Pend. Bahasa Inggris UNP Padang Permanent/
English 1. Metodologi Penelitian (research)
2. Micro Teaching
3. Semantics Pragmatics
4. Psycholinguistics
5. English Structure
6. test and Evaluation
8 Zulhendri, S Pd S.1 FKIP Bahasa Inggris UNIB Bengkulu
S2 Magister Manajemen UNIB Permanent/
English -
9 Sakut Anshori,
S. Pd I S.1 Pend. Bahasa Inggris STAIN Curup
S2 Linguistics UNS Solo Permanent/
English -
10 Ermi Daliantini,
S. Pd. S.1 FKIP Bahasa Inggris UNIB Bengkulu Permanent/
English 1. Curriculum MD
2. English For Specif Purposes (ESP)

11 Meliana, S. Pd. I S.1 Pend. Bahasa Inggris STAIN Curup Permanent/
English 1. Structure II
2. Structure IV
12 Robiyah Indarni,
S. Pd I S.1 Pend. Bahasa Inggris STAIN Curup Permanent/
English

14 Wahyudi, S. Pd S.1 Pend. Bahasa Inggris UAD Jogja Permanent/
English 1. Pronunciation Practice
2. Phonology/ Morphology
15 Nevi Novita, S. Pd S.1 Pend. Bahasa Inggris UAD Jogja Permanent/
English 1. Speaking I
2. Listening III
16 Leni Agustina,
S. Pd S1 FKIP Bahasa Inggris UNIB Permanent/
English 1. Test and Evaluation
2. Reading Compre. (TOEFL)
17 Tien Sarfa, SS S1 Sastra Inggris Bung Hatta Permanent/
English English Literature
18 Meyin, S. Pd. S1 FKIP B. Inggris UNIB Permanent/
English
19 Dedi Sukandi, SS S1 Sastra Inggris STBA Permanent/
English 1. Listening 1
2. Speaking III
20 Nova Mayasari,
S. Pd. S1 FKIP B. Ing. UNIB DTT
21 Arpendi, M. Pd S1 P. Bhs. Ing. UNP
S2 P. Bhs. Ing. UNP Permanent/
English
22 Novia Murni, M. Pd. S1 P. Bhs. Ing. UNP
S2 P. Bhs. Ing. UNP Permanent/
English
23 Eva Prasetyawati, M. Pd. S2 P. Bhs. Ing. Univ. Sebelas Maret Permanent/
English
Biodata masing-masing terlampir
14. Mahasiswa
2007-2008

No Period Students Total
Men Women
1 Semester I 39 63 102
2 Semester III 21 70 91
3 Semester V 15 24 39
4 Semester VII 10 29 39
5 Semester IX 4 20 24
Total 89 206 295

Nama-nama Mahasiswa PBI
Semester I Tahun Akademik 2007-2008

NO Nama Nim Jenis Kelamin
1 Adhy Pratama Irianto 0755001 L
2 Agung Purnama 0755002 L
3 Ahmad Fadlli 0755003 L
4 Aida Mustika 0755004 P
5 Anita Lili Yuniarti 0755005 P
6 Arif Santoso. H 0755006 L
7 Aris Gunanda 0755007 L
8 Arista Winda Agustini 0755008 P
9 Ayu Novianti 0755009 P
10 Bambang Triyono 0755010 L
11 Desmiati 0755011 P
12 Desti Dian Sari 0755012 P
13 Dian Panti Lova 0755013 P
14 Ega Muda Saputra 0755014 L
15 Eka Merdeka Wati 0755015 P
16 Emi Wijayanti 0755016 P
17 Enilawati 0755017 P
18 Eri Supriadi 0755018 L
19 Erni Kurniawati 0755019 P
20 Gunaria 0755020 P
21 Iis Sugiarti 0755021 P
22 Jumia Pusvitasari 0755022 P
23 Kiki Riska Amelia 0755023 P
24 M. Arif Hidayat 0755024 L
25 Marzon Effendi 0755025 L
26 Mirwoni Paidil 0755026 L
27 Muhammad Adhe Suryo 0755027 L
28 Muhammad Muhsoni 0755028 L
29 Nila Oktavianti 0755029 P
30 Puteri 0755030 P
31 Rachmat Fitrio. Ch 0755031 L
32 Rahman Fransisco 0755032 L
33 Rahmaniar 0755033 P
34 Randika Arius 0755034 L
35 Reka Oktaviani 0755035 P
36 Reki Wijaya 0755036 L
37 Reni Wahyuni 0755037 P
38 Reno Raja Navoleon 0755038 L
39 Retri Miasari 0755039 P
40 Ria Astuti. R 0755040 P
41 Rici Cegsen 0755041 L
42 Riski Andespa 0755042 P
43 Rokhima Ayu Ningroom 0755043 P
44 Ruly Morganna 0755044 L
45 Ryan Pahreza 0755045 L
46 Santi Komalasari 0755046 P
47 Selamet Sugiharto 0755047 L
48 Septari 0755048 P
49 Silvia Ningsih 0755049 P
50 Siti Aina 0755050 P
51 Suriyanto 0755051 L
52 Susan Fresilia 0755052 P
53 Tika Wulandari 0755053 P
54 Iddayanti 0755054 P
55 Tri Wargu Tami 0755055 P
56 Wahyuni 0755056 P
57 Wanda Yunanto 0755057 L
58 Winarsi 0755058 P
59 Winda Tri Utami 0755059 P
60 Winda Widia Wati 0755060 P
61 Yeni Muhayaroh 0755061 P
62 Yessi 0755062 P
63 Yeti Sundari 0755063 P
64 Yogite Pranata 0755064 P
65 Yumita Anggriani 0755065 P
66 Yunani Mairi 0755066 P
67 Yusmayanti 0755067 P
68 Doni Wahyudi 0755068 L
69 Elly Fitriani 0755069 P
70 Dedi Hariyanto 0755070 L
71 Yulinda 0755071 P
72 Eva Susanti 0755072 P
73 Novyko Dwi Auliah 0755073 P
74 Susi Maryance 0755074 P
75 Ahmad Deni Setiawan 0755075 L
76 Yuyun Aswari 0755076 L
77 Rita Kartika Sari 0755077 P
78 Adetio Zayadi 0755078 L
79 Dwi Kurniasih 0755079 P
80 Wasis Juanda 0755080 L
81 Herfiansyah 0755081 L
82 Heru Wicaksono 0755082 L
83 Nurul Hikma' 0755083 P
84 Alex Sander 0755084 L
85 Mareni Puspitasari 0755085 P
86 Erlin Pusfitasari 0755086 P
87 Filia Dianita 0755087 P
88 Diajeng Mutiara Ayu 0755088 P
89 Syukril Khair 0755089 L
90 Wahyu Widya Putra 0755090 L
91 Yensi Mayasari 0755091 P
92 Arisman 0755092 L
93 Melpiana 0755093 P
94 Srie Ellyani Puji Astuti 0755094 P
95 Paidhi Aprianzah 0755095 L
96 Rian Hidayat 0755096 L
97 Novi Hidayah Saputri 0755097 P
98 Yulfi 0755098 P
99 Futri Ayu Adriani 0755099 P
100 Eka Saputra 0755100 L
101 Latifah Amelia 0755101 P
102 Idola Virna Melati 0755102 P
Laki-laki 39
Perempuan 63
102

SEMESTER II TAHUN 2006-2007

NO NAMA NIM JENIS KELAMIN KETERANGAN
1 HERU PINOSA 0655001 PEREMPUAN
2 MAR ATUS SHOLIHAH 0655002 PEREMPUAN
3 NANI WINTA 0655003 PEREMPUAN
4 LINA RIZKIA 0655004 PEREMPUAN
5 YESI RUSADI 0655005 PEREMPUAN
6 REPI ERIYANI 0655006 PEREMPUAN
7 REVI PALADIPA 0655007 PEREMPUAN
8 DIAN PUSPITA 0655008 PEREMPUAN
9 DAHLIA 0655009 PEREMPUAN
10 DHIYESINE FITRANI 0655011 PEREMPUAN
11 MUCHTAR SONI 0655012 LAKI-LAKI CUTI SMT III
12 HAFIZ MAHATHIR 0655013 LAKI-LAKI
13 MARDIAN GUSTIANA 0655014 PEREMPUAN
14 VUSPA MARIKA 0655015 PEREMPUAN
15 MARLITA PUSPITASARI 0655016 PEREMPUAN
16 IDA LAELA 0655017 PEREMPUAN
17 OKA TRIA 0655018 LAKI-LAKI
18 HENNI SUKTARIA ARDI 0655019 PEREMPUAN
19 EKA YULIANA 0655020 PEREMPUAN
20 SUNSENAWATI 0655021 PEREMPUAN
21 ADE RISKA JULIARTI 0655022 PEREMPUAN
22 SRI WAHYUMI 0655023 PEREMPUAN
23 ANNA MARIA PEBRINA 0655024 PEREMPUAN
24 DIAN WIDIANTI 0655025 PEREMPUAN
25 SULISTIORINI 0655026 PEREMPUAN
26 ELFINA RIFQI YUNIDAH 0655028 PEREMPUAN
27 ADRI YANTO AGNI 0655029 LAKI-LAKI
28 HARTI KUSRIYANTI 0655031 PEREMPUAN
29 MAHYUDIN 0655032 LAKI-LAKI
30 JUSMIATI 0655033 PEREMPUAN
31 ELIZA 0655034 PEREMPUAN
32 YUNI FITRIA 0655036 PEREMPUAN
33 MARDIKA SULISTIA RINI 0655038 PEREMPUAN
34 MELATI PUSPASARI 0655040 PEREMPUAN
35 HERI KISWANTO 0655041 PEREMPUAN
36 ROSADA 0655042 PEREMPUAN
37 REFI KARTIKAWATI 0655043 PEREMPUAN
38 WIDIA RIANDARI 0655044 PEREMPUAN
39 ALI MURTOPO 0655046 LAKI-LAKI
40 FERDY ARDIANSYAH 0655047 LAKI-LAKI Istirahat
41 JUNITA FATISARI 0655048 PEREMPUAN
42 YUNI ASTRIA 0655049 PEREMPUAN
43 RINDA ANGGELINA 0655050 PEREMPUAN
44 APIKO JULIANSYAH 0655051 LAKI-LAKI
45 SISKA NOVALIA 0655053 PEREMPUAN
46 WELIS MELIA 0655054 PEREMPUAN
47 LINDA SRINOVA 0655055 PEREMPUAN
48 RAHMA NENGSIH 0655056 PEREMPUAN
49 AFRIDA MAYASARI 0655057 PEREMPUAN
50 YULIANI 0655059 PEREMPUAN
51 M. ZAZILI 0655060 LAKI-LAKI
52 PRISTIWENEKA DIANA 0655062 PEREMPUAN
53 MARLINA OCTAVIANI 0655063 PEREMPUAN
54 KURNIA SURYANI ILAHI 0655064 PEREMPUAN
55 ERVIN GUNAWAN 0655065 LAKI-LAKI
56 REFIKA NATALIA DEWI 0655066 PEREMPUAN
57 ROBI APRILIANSYAH 0655068 LAKI-LAKI
58 VERA NITA 0655070 PEREMPUAN
59 ZUL FAHMI 0655071 LAKI-LAKI
60 DEKA MARTARINA KUNARSIH 0655072 PEREMPUAN
61 KALAM MUDIN 0655074 LAKI-LAKI
62 NOVITA SARI SHOOFIAH PUTRI 0655075 PEREMPUAN
63 ISRA MARDHIYANTI 0655076 PEREMPUAN
64 SRI UTAMI 0655078 PEREMPUAN
65 SUGINO 0655079 LAKI-LAKI
66 UMI MUSLIHAH 0655080 PEREMPUAN
67 ZURIATEH 0655081 PEREMPUAN
68 RETNO EKA WULANDARI 0655082 PEREMPUAN
69 HENDRA PRATAMA 0655083 LAKI-LAKI
70 RIAN DEWITA 0655084 PEREMPUAN
71 LASMI NOVA CHOLIS 0655085 PEREMPUAN
72 ASMIRA NURZIBA 0655087 PEREMPUAN
73 ERPANDI 0655088 LAKI-LAKI
74 IDA PARIDA 0655089 PEREMPUAN
75 RIZKI WULANDARI 0655090 PEREMPUAN
76 SRIKANDI OCTAVIANI 0655091 PEREMPUAN
77 KIKI RIZKI APRILIANI 0655092 PEREMPUAN
78 SUSILAWATI 0655093 PEREMPUAN
79 MERI HARYANTI 0655094 PEREMPUAN
80 LENSI RHOMADANI 0655095 PEREMPUAN
81 RIA WULAN SARI 0655096 PEREMPUAN
82 YENNI YUNITA 0655097 PEREMPUAN
83 TUTI YARNI 0655098 PEREMPUAN
84 RIAWATI 0655099 PEREMPUAN
85 ABDUL QODIR ZAILANI 0655100 LAKI-LAKI
86 FARIZ DEWANGGA 0655101 LAKI-LAKI
87 SULASTRI. D 0655102 PEREMPUAN
88 M. IKHSAN 0655103 LAKI-LAKI
89 RAGA BUANA 0655105 LAKI-LAKI
90 MULYADI 0655106 LAKI-LAKI
91 EMA MARLINA 0655107 PEREMPUAN
Jumlah Registrasi Laki-laki Perempuan TOTAL
21 70 91

SEMESTER IV TAHUN 2006-2007

NO NAMA NIM JENIS KELAMIN KETERANGAN
1 RUBIYAH 0555001 PEREMPUAN
2 RIRIN HAPRIYANI 0555002 PEREMPUAN
3 SITI WAROHMAH 0555003 PEREMPUAN
4 FITRI MARINA 0555005 PEREMPUAN
5 LUSIANA 0555007 PEREMPUAN
6 AGUS FADILA 0555008 LAKI-LAKI
7 CENCEN PIDRIATI 0555009 PEREMPUAN
8 ELPI MARYANI 0555011 PEREMPUAN
9 DESI SUSANTI 0555012 PEREMPUAN
10 TARA APRILIAN 0555013 PEREMPUAN
11 IBNU HAKIM 0555014 LAKI-LAKI
12 INDRA KENEDI 0555015 LAKI-LAKI
13 ELENSI RESPITA SARI 0555017 PEREMPUAN
14 RYKE NOVRIANTI 0555018 PEREMPUAN
15 MUJALAL 0555019 LAKI-LAKI
16 MUSLIMIN 0555020 LAKI-LAKI
17 NIRWANA 0555022 PEREMPUAN
18 DELI SUSANTI 0555024 PEREMPUAN
19 RUWIADHANI 0555025 PEREMPUAN
20 DEMIS 0555026 PEREMPUAN
21 HENDRAYANI 0555027 PEREMPUAN
22 YEDI SURYADI 0555029 LAKI-LAKI
23 HENI FRANSISKA 0555030 PEREMPUAN
24 NUR LAIILI JUM'ATI 0555031 PEREMPUAN
25 YULIANTI 0555032 PEREMPUAN
26 EKA PRIYANTO 0555034 LAKI-LAKI
27 ZAINUL AZIZ 0555036 LAKI-LAKI
28 NOVA LIA 0555037 PEREMPUAN
29 SANTI GUSTINI 0555038 PEREMPUAN
30 YESI APRIYANI 0555039 PEREMPUAN
31 DENI 0555041 LAKI-LAKI
32 YAHUDI 0555042 LAKI-LAKI
33 SUSIANTI 0555043 PEREMPUAN BB SPP 1-4-06
34 BAZAZ ZARI 0555044 LAKI-LAKI
35 DASRIL 0555045 LAKI-LAKI
36 MUHROJI 0555046 LAKI-LAKI
37 ANDRI JENDRO SUJARNO 0555047 LAKI-LAKI
38 YESI PUTERI HAWA 0555049 PEREMPUAN
39 DIAN SYAH OKTARI 0555050 LAKI-LAKI
40 HANIFA SUBAIDA 0555052 PEREMPUAN
Jumlah Registrasi Laki-laki Perempuan TOTAL
16 24 40

SEMESTER VII TAHUN 2006 -2007

NO NAMA NIM JENIS KELAMIN KETERANGAN
1 NORA FITARIA 0455001 PEREMPUAN
2 TRI SYAPUTRA 0455002 LAKI-LAKI
3 SARWO EDY 0455003 LAKI-LAKI
4 MURHILA 0455006 PEREMPUAN
5 YOSI FAJARIDA 0455008 PEREMPUAN
6 YESI YARTI 0455010 PEREMPUAN
7 BETI KURNIA DEWI 0455011 PEREMPUAN
8 EXA SATRIA 0455012 PEREMPUAN
9 HERIYANTO 0455013 LAKI-LAKI
10 ARIANI 0455014 PEREMPUAN
11 M. ZAINAL ABIDIN 0455016 LAKI-LAKI
12 DIO ANDESPA P. D 0455017 PEREMPUAN
13 ARNI SUSI 0455018 PEREMPUAN
14 RIKA KUSUMAWATI 0455019 PEREMPUAN
15 MIMI YUSTIKA 0455020 PEREMPUAN
16 NITARIA 0455021 PEREMPUAN
17 EUIS MAESYAROH 0455022 PEREMPUAN
18 SRI SEPTIANINGSIH 0455023 PEREMPUAN
19 DENI RANGGA W. 0455024 LAKI-LAKI
20 ARTI ILUSPA 0455025 PEREMPUAN
21 ZAMZAMI ROLI 0455026 LAKI-LAKI
22 AHMAD NASIHIN 0455027 LAKI-LAKI
23 DWI FITRIANI 0455028 PEREMPUAN
24 LIS ATIKA WATI 0455029 PEREMPUAN
25 FITRIANI 0455030 PEREMPUAN
26 ADE PRIMADIA PUTRI 0455032 PEREMPUAN
27 LIA HARTIAN HAJAR 0455033 PEREMPUAN
28 MERI ASTUTI. MR 0455034 PEREMPUAN
29 RIKA JULIANI 0455037 PEREMPUAN
30 NENI JULITA SARI 0455038 PEREMPUAN
31 ACI AFERI 0455040 PEREMPUAN
32 MUJIATI 0455041 PEREMPUAN
33 LISNAWATI 0455042 PEREMPUAN
34 SUSILAWATI 0455043 PEREMPUAN
35 AFRIDA YUNARNI 0455044 PEREMPUAN
36 HERI KISWANTO 0455046 LAKI-LAKI
37 FITRI YULIA SARI 0455047 PEREMPUAN
38 M. ANAS KHOLIK 0455048 LAKI-LAKI
39 DONI KASUMA 0455051 LAKI-LAKI
Jumlah Registrasi Laki-laki Perempuan Total
10 29 39

SEMESTER IX TAHUN 2006 -2007

NO NAMA NIM JENIS KELAMIN KETERANGAN
1 YUSMELI 0355001 PEREMPUAN
2 NURMA YUNITA 0355002 PEREMPUAN
3 DESMAN FIQRI 0355003 LAKI-LAKI
4 MARLENI 0355004 PEREMPUAN
5 RIRIN DRIANIE 0355006 PEREMPUAN
6 FERAWATI 0355007 PEREMPUAN
7 DEDI PAROMANSYAH 0355008 LAKI-LAKI
8 POPPY SNOPIA 0355009 LAKI-LAKI
9 TITIN ANGGRAINI 0355013 PEREMPUAN
10 LIA RIONIKA 0355015 PEREMPUAN
11 RAHMAYUNI. A 0355016 PEREMPUAN
12 IRMA PUTRI NINGSIH 0355017 PEREMPUAN
13 KHAIRUL ANWAR 0355018 LAKI-LAKI
14 OMEGA OKTAVIA. R 0355019 PEREMPUAN
15 MEYLINA 0355023 PEREMPUAN
16 HENI APRIANTI 0355025 PEREMPUAN
17 SISLENI 0355027 PEREMPUAN
18 DESMIATI 0355028 PEREMPUAN
19 LASMI IRIANI 0355029 PEREMPUAN
20 YUNITA NOVIANA 0355030 PEREMPUAN
21 DEWI IRAWAN 0355031 PEREMPUAN
22 DESI KURNIAWATI 0355032 PEREMPUAN
23 HENI SUSILAWATI 0355033 PEREMPUAN
24 ELI RUSNILAWATI 0355035 PEREMPUAN
Jumlah Registrasi Laki-laki Perempuan TOTAL
4 20 24

15. Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana saat ini hampir memadai dengan asanya penggunaan onfrastruktur di STAIN Curup dan tentu akan sangat mempengaruhi terhadap kualitas dari lulusan. Pada dasarnya sarana dan prasarana yang digunakan tidak bebreda dengan prodi PAI dan BK, yaitu:
1. Laboratorium bahasa dengan 40 unit meja, monitor dan headphone dan 1 stage monitor dan video.
2. Laboratorium Micro Teaching dengan video shooting, control and evaluation monitor, LCD dan Laptop, whiteboard, AC room dan digital camera.
3. Laboratorium Komputer dan Internet dengan 40 unit computer Pentium 4 dan monitor datar LCD flat.
4. 40 ruang kuliah dengan kapasitas 35 kursi.

1 Comments:

Anonim mengatakan...

Hey, this blog was really informative and interesting. It will really help many people, keep it up. If you are a student and looking for assignment help visit My Assignment Services. They provide math assignment help, english assignment help, engineering assignment help and many more subjects. To know more visit their website and get offers.

Posting Komentar